Panduan Membuat Blog

Apakah Anda belum mempunyai blog atau Anda sedang merasa iri kepada teman Anda karena mereka telah mempunyai Blog dan apakah Anda sedang kesulitan dalam pembuatan sebuah blog yang akan Anda ciptakan. Nahh....dalam bab ini saya akan mengajari Anda tentang pembuatan blog. Banyak orang yang bingung dalam tata cara pembuatan blog mereka, saat mereka daftar dan menciptakan blog (misalnya di blogger.com) kebanyakan separuh dari mereka gagal menciptakan blognya. Apakah Anda salah satu dari mereka yang gagal menciptakan sebuah blog.??!
Mari kita ikuti berikut langkah-langkah dan tata cara dalam menciptakan sebuah blog supaya kita lancar dalam pembuatan blog tersebut. Eeeittzz.... Tunggu dulu, saya lupa Anda ingin membuat sebuah blog dimana, yang saya tau sih.... saat ini yang populer adalah blogger.com karena dalam pembuatannya tidak rumit alias simple. Namun juga ada yang membuat atau menciptakan blog selain di blogger.com. Misalnya di wordpress.com, dagdigdug.com. Tapi untuk saat ini saya mengajarkan Anda di blogger.com saja yaahhh....
Seperti kata saya tadi kan, bahwa blogger adalah salah satu dari website pembuatan blog yang terpopuler. Karena hingga saat ini blogger.com telah menduduki peringkat ke 7 dari keseluruhan web dan blog di seluruh dunia. Waaahhh... hebat bukan dibandingkan wordpress.com yang menduduki peringkat ke 18. Heemmm,, masih kalah cuiiyyy..
Yaudah.. langsung aja kita buat blog di blogger.com! Langkah pertama adalah Daftar di Google. Lho kogh? kogh di Google? katanya mau ngajarin bikin blog di blogger.com, kogh malah di Googl? Tidak salah karena untuk masuk ke blogger, Anda harus memiliki login google.com. Silahkan kunjungi http://www.blogger.com, jika Anda sudah memiliki login di Google Anda tinggal login maka Anda akan masuk ke Control Panel atau Panel Kontrol. Oh yaa, Anda bisa memilih bahasa, Apakah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Untuk kali ini saya anggap Anda belum memiliki login Google. Klik tanda panah besar yang bertuliskan "CIPTAKAN BLOG ANDA".
Naahh.... untuk sejauh ini sangat mudah dan akan terus mudah. Langkah kedua adalah DAFTAR BLOG (lengkapi pendaftaran anda) Anda klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, Proses ini akan menciptakan account google yang dapat Anda gunakan pada layanan google lainnya. Jika Anda sudah memiliki sebuah account Google mungkin dari Gmail, Google Groups atau Orkut. Satu account Google bisa Anda gunakan untuk mengakses semua fasilitas yng disediakan oleh google. jika Anda sudah memiliki account Google, Anda bisa langsung login (masuk) untuk login ke google, Anda harus login dengan menggunakan alamat email. Silahkan lengkapi :
  1. Alamat email yang Anda masukkan harus ada sebelumnya. Anda akan dikirim dan dikonfirmasi ke email tersebut jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran akan gagal, Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.
  2. Lengkapi data yang lainnya. 
  3. Tandai "Saya Menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. 
Setelah lengkap klik tandah panah yang bertuliskan LANJUTKAN. Langkah ketiga adalah Membuat Blog, disini Anda disuruh untuk memilik nama Blog dan URL blog yang Anda buat. Lalu mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda. Sebagai contoh saya memakai dengan nama Muhammad Habib, eeittszz... jangan curiga, Habib adalah adik saya, Lalu say memilih alamat blog dengan alamat http://muhammad-habib.blogspot.com. Dan Anda bisa mengecek ketersediaan blog yang Anda pilih. Jika tersedia bisa lanjutkan jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, Misalnya ditambahkan abc, xzy, 101 dan bisa juga dengan menyisipkan nama Anda. Dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN. Berhasil, tentu saja berhasil memang mudh koghh....
Langkah keempat adalah Blog Template. Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda, jangan khawatir nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri namun pilih saja tema yang tersedia agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan untuk memilih tema Anda klik tanda bulatannya. Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN.
Belajar membuat blog akhirnya pun selesai. Sekarang tinggal Posting, Pengaturan dan Tata Letak. Sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog dan Anda sudah bisa memulai memposting pikiran Anda di Blog dan dibagi ke seluruh dunia. Memang masih ada beberapa hal yang Anda lakukan yaitu : Pengaturan Tata Letak, Penambahan Eleman, dan Penggantian Tema. Jika Anda menginginkan tema yang lain untuk tingkat lanjut.
Waaahhh...  tidak terasa yahh.. akhirnya selesai juga sejauh ini apakah Anda bingung dan merasa rumit dalam pembuatan blog yang telah Anda buat. Namun tidak usah khawatir Anda sekarang cukup mempraktekan saja tidak sulit kogh.. dan apabila Anda telah mempunyai blog dengan tema dan eleman-eleman yang bagus, jangan lupa perlihatkan kepada saya. Mungkin cukup sampai disini saja yaa perjumpaan kita. Eettzz ... jangan lupa buat blog Anda sebaik dan sebagus mungkin....

Good Luck !!




Inspirasi : Company Profile

0 Response to "Panduan Membuat Blog"

Posting Komentar

Powered by Blogger